10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui oleh Dunia

Estimated read time 3 min read

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman, baik dari suku, makanan, sampai dengan budaya. Dengan lokasi negara yang luas sudah pasti membuat Indonesia punyai beragam ragam warisan budaya yang menarik dan unik satu sama lain.

Warisan budaya tak perlu slot777 selalu berupa fisik. Menurut buku Indonesia, Globalisasi, dan Global Village: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016: 362, beberapa syarat pusaka budaya sanggup berupa fisik maupun non fisik, supaya warisan budaya juga sanggup berupa non fisik layaknya tradisi, ritual dan kerajinan yang dimiliki oleh suatu penduduk di Indonesia. Bisa dibayangkan betapa banyaknya warisan budaya yang dimiliki Indonesia selagi ini.

10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui oleh Dunia

Dari banyaknya warisan budaya yang dimiliki Indonesia, tersedia sebagian warisan budaya asli Indonesia yang sudah dianggap oleh penduduk dunia. Berikut umpama 10 warisan budaya Indonesia yang dianggap oleh dunia Internasional:

Batik

Siapa yang tak mengenal batik? Kerajinan yang satu ini dikenal mendunia, lebih-lebih sampai menjadi rebutan antara Indonesia dengan negara tetangga. Kerajinan berupa seni lukis di atas kain ini tenar di tempat Jawa Tengah, namun kini hampir seluruh tempat di Indonesia punyai jenis batiknya sendiri-sendiri.

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat. Terbuat dari batang bambu, Angklung punyai suara dan wujud yang khas, dengan cara memainkan yang ringan yaitu dengan digoyang-goyangkan. Satu buah Angklung merepresentasi satu nada, supaya perlu dimainkan berbarengan untuk membentuk sebuah lagu.

Pinisi

Masyarakat Bugis di Sulawesi punyai formalitas Pinisi yaitu seni pembuatan perahu. Perahu Pinisi merupakan formalitas maritim penduduk Bugis yang sudah dianggap oleh dunia Internasional, lebih-lebih kapal Pinisi juga kerap digunakan oleh para pelaut Indonesia untuk mengarungi samudra di seluruh dunia.

Tari Saman

Tari khas penduduk Gayo di Aceh ini merupakan tarian yang khas dengan ciri gerakan dan suara tepukan yang saling bersinkronisasi. Tari Saman seringkali dibawakan terhadap upacara keagamaan dan tampil di beragam acara kenegaraan jikalau saja terhadap pembukaan Asian Games 2018 yang lalu.

Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan seni bercerita dengan boneka yang terbuat dari kulit dan dimainkan oleh seorang Dalang. Biasanya tokoh pewayangan dan cerita yang disampaikan ikuti cerita klasik sansekerta, namun terkandung pula beragam cerita-cerita wayang kulit kontemporer yang modern.

Pencak Silat

Pencak Silat merupakan tidak benar satu warisan budaya Indonesia yang baru saja dianggap UNESCO di Tahun 2019. Seni bela diri yang satu ini mendunia berkat beragam film laga dari Indonesia serta prestasi Indonesia di kancah olahraga Internasional.

Taman Nasional Komodo

Ada banyak sekali Taman Nasional di Indonesia, namun sudah pasti tidak benar satu yang paling tenar adalah Taman Nasional Komodo. Taman Nasional ini merupakan tempat tinggal dari ratusan Komodo asli Indonesia yang tidak sanggup ditemui di tempat manapun tak hanya di pulau tersebut.

Subak

Subak merupakan proses perairan sawah khas Pulau Bali. Dengan Subak, irigasi antar sawah sanggup terbagi secara adil supaya tidak tersedia petani yang mengeluh sawahnya kekurangan atau berlebihan air. Subak sendiri resmi dianggap UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda di tahun 2012 silam.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz di Papua merupakan bukti keindahan alam yang sesungguhnya. Taman Nasional ini punyai 630 spesies burung dan 123 spesies mamalia juga hewan endemis yang cuma tersedia di Papua layaknya Kasuari, Walabi, Kuskus dan tetap banyak lagi. Selain itu Taman Nasional Lorentz merupakan kediaman Suku Nduga, Suku Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat yang punyai budaya yang luar biasa kaya.

Candi Borobudur

Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi yang punyai sejarah yang luar biasa, lebih-lebih juga dalam daftar 7 keajaiban dunia. Candi ini merupakan bukti kebudayaan Buddha di pulau Jawa yang berkembang pesat terhadap zamannya.

Masih banyak warisan budaya Indonesia lainnya yang sudah dianggap oleh dunia Internasional. Indonesia patut berbangga diri sebab punyai kekayaan budaya yang luar biasa. Semoga generasi sesudah itu sanggup menjaganya. (AGI)

You May Also Like