5 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

Estimated read time 3 min read

Budaya adalah sebuah warna di dalam suatu negara. Di dalamnya melukiskan ciri khas dan pembawaan yang bercahaya di tiap tiap budaya yang terpampang

Indonesia, tak cuma dikenal dengan negara maritim, tetapi termasuk kaya akan budaya. Berbagai suku bangsa di dalamnya pun melahirkan kebiasaan dan budaya yang beragam, sehingga menyebabkan Indonesia makin lama kaya akan keanekaragamannya.

Dengan ragam budayanya yang begitu mengagumkan, pemerintah maupun pihak terkait, menggelar aktif bermacam aktivitas yang memperkenalkan budaya Indonesia. Hal demikian, mampu memperkenalkan budaya Indonesia ke bermacam negara dan mampu melestarikan karya leluhur. Berikut ini, akan kita sajikan kepada Anda budaya Indonesia yang disukai mancanegara.

1. Bambu Angklung

Siapa yang tak kenal dengan alat musik dari bambu ini? Hanya dengan cara digoyangkan, alat musik berasal dari Jawa Barat ini mendapat pengakuan dari UNESCO. Bahkan mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai anggota dari World Heritage, tak heran popularitas angklung kian meningkat. Kini, angklung kerap digelar dan kondang di Saung Angklung Ujo.

2. Seni Wayang

Warisan budaya wayang, ternyata telah dimasukkan di dalam UNESCO sejak th. 2003. Banyak para wisatawan yang tertarik mencoba dan mempelajari seni wayang ini. Bentuk promosi yang dijalankan pemerintah Indonesia ke Negeri Kangguru pun mendapat sambutan dan apresiasi hangat dari mereka.

3. Batik

Kain yang meliputi bermacam corak yang menawan dan menarik ini, ternyata masuk ke di dalam daftar UNESCO. Warisan leluhur sejak dahulu kala, kini makin lama mencuat namanya. Kain ini seringkali jadi souvenir bagi wisatawan asing, sehingga mereka memberi apresiasi penuh gara-gara tiap tiap keindahan coraknya. Bahkan, pada tiap tiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Batik Nasional.

4. Gamelan

Alat musik ansambel yang menghasilkan suara yang indah ini, ternyata kondang di luar nusantara lho. Sayangnya, minat kalangan muda-mudi Indonesia berkurang dengan alat musik ini. Sebagai contoh, di New Zealand School of Music, gamelan ini apalagi dijadikan kurikulum senantiasa disana. Di Amerika Serikat pun memajang satu set gamelan di tidak benar satu ruang pameran museum musik.

BACA JUGA: MENGENAL KEBUDAYAAN INTERNASIONAL

5. Tari Saman

Tarian yang menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan lainnya yang dibawakan oleh banyak orang ini dianggap masuk di dalam daftar warisan budaya UNESCO. Biasanya tarian ini digelarkan untuk merayakan momen mutlak di dalam kebiasaan suatu daerah setempat.

Itulah keberagaman budaya Indonesia yang benar-benar menarik hingga mampu dikenal hingga mancanegara. Kita selaku warga Indonesia harus mencintai budaya kita sendiri dengan memelihara dan melestarikan budaya leluhur. Jangan hingga budaya kita terancam punah apalagi hingga dianggap oleh negara lain.

Bagi Anda yang perlu guide lokal memiliki pengalaman dan mampu menambahkan pengalaman liburan mengesankan bagi anda, pilih di gaetlokal.id. Atau terkecuali Anda guide tour yang sedang mencari wisatawan, cari termasuk di GaetLokal.

You May Also Like

More From Author