Demikian Penampakan Tempat Tamasya Terhoror Jawa Barat

Berlibur ke daerah yang menawan dan mengagumkan di pegunungan, pantai, sungai, air terjun, website bersejarah, hingga daerah masakan, mungkin hal yang awam atau acap kali dikerjakan oleh banyak orang. Tapi, apa jadinya sekiranya obyek wisata yang kita datangi itu adalah lokasi atau daerah yang mengerikan, mistis atau horor. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, menuturkan obyek wisata mistis ini belakangan memang sedang disukai oleh orang-orang yang berharap adu nyali.

Menyuguhkan nuansa mistis dan bisa memicu adrenalin pelancong hingga membuat bulu kuduk berdiri, terbukti bisa menjadi kekuatan tarik tersendiri untuk menambah pengalaman dalam bepergian. Menurut Benny, Provinsi Jawa Barat tak cuma dikaruniai wisata alam yang menawan dan eksotis. Akan tetapi, ada sejumlah obyek wisata bergenre horor yang mulai diminati pelancong belakangan ini.

Objek wisata horor ini dipenuhi cerita mistis yang membuat warga kian penasaran untuk datang. Menurut Benny, obyek wisata horor di Jawa Barat yang bisa dijajal oleh pelancong beragam jenisnya. Mulai sebuah rumah tua lokasi film horor familiar, jembatan hingga gua. Berikut destinasi adalah daftar lima obyek wisata horor yang paling populer di Jawa Barat.

Rumah Pengabdi Setan Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kian ramai didatangai. Objek wisata ini kian diketahui oleh publik setelah menjadi lokasi syuting Film Pengabdi Setan, garapan sutradara Joko Anwar.

Sesampainya di lokasi Rumah Pengabdi Setan, pelancong tak akan menemukan daerah selfie yang lucu, tetapi sebaliknya bahkan membuat bulu kuduk merinding.

Bagaimana tak membuat merinding, di saat wisata lain menyuguhkan taman taman menawan bagi pengunjung, pengelola wisata mahjong ways Rumah Pengabdi Setan bahkan membuat properti kuburan di bagian halamannya. “Itu tiba, segera terasa banget aura mistisnya. Kian horor saat kita masuk ke dalam rumahnya. Apalagi pas di kamar Ibu. Tapi serem banget. Absah mengasyikan sih, berwisata sekalian uji nyali,” kata salah seorang pelancong Tanti Dewi yang datang bersama lima orang sahabatnya. Tanti menganjurkan untuk datang bersama sahabat atau ramai-ramai sekiranya berharap mengunjungi Rumah Pengabdi Setan. “Jangan datang sendirian ke sini, apalagi yang penakut kayak saya. Objek serem banget sih di dalam tadi itu,” kata dia. Rumah Pengabdi Setan ini terletak di lahan milik PTPN VIII, tepatnya di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Rumah tua yang tak lagi dihuni ini adalah bekas rumah dinas pimpinan perkebunan teh yang saat ini menjadi PTPN VIII. Jam buka obyek wisata Rumah Pengabdi Setan tak dibatasi alias buka 24 jam dengan karcis masuk Rp10.000 rupiah per orang.

Kamar 308 Objek wisata horor yang kedua di Jawa Barat adalah Kamar 308 Samudra Beach Hotel, Kabupaten Sukabumi. Sama halnya seperti Rumah Pengabdi Setan, obyek wisata Kamar 308 Samudra Beach juga pernah diangkat ke layar lebar. “308” adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tanggal 5 Juni 2013, yang disutradarai Jose Poernomo dan dibintangi oleh Shandy Aulia dan Denny Sumargo. Hotel Inna Samudra adalah daerah wisata tersembunyi di Pelabuhan Ratu yang senantiasa menarik perhatian para turis, secara khusus mereka yang bergembira dengan hal-hal mistis. Pasalnya, di dalam hotel megah ini terdapat satu kamar yang diagungkan dan tak diperkenankan disewa untuk orang awam. Tapi, pelancong yang menginap di Hotel hal yang demikian, bisa mengunjungi Kamar 308 dengan di bantu oleh pemandu dari pihak hotel. Objek diselimuti aura mistis yang menusuk kalbu, kamar 308 senantiasa dikunjungi turis lokal dan mancanegara.

Gua Miring

Objek wisata horor yang ketiga adalah Gua Mistis Gua Surnyagari Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Beredar mitos di kalangan masyarakat, untuk pelancong yang jomblo atau belum mempunyai pacar yang sedang berada di obyek wisata ini, dilarang meraba bagian tertentu dari Gua Sunyaragi. Objek diraba bisa kian menyebabkan sulit mendapatkan jodoh. Objek wisata gua ini adalah bangunan cagar kultur, dengan format mirip dengan candi yang dibentuk dari batu-batu karang. Dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati sekitar abad ke-16, adalah Pangeran Mas Zainul Arifin, Gua ini dulunya rumit goa dikelilingi danau penampungan air dan pohon Jati, tetapi saat ini danau sudah mengering. Objek Tamasya Gua Sunyaragi buka hingga pukul 16.00 WIB secara awam, tetapi juga terbuka 24 jam bagi mereka yang berharap bertawasul, atau menenangkan pikiran. Untuk harga karcis masuk Gua Sunyaragi Rp15 ribu sedangkan untuk pelajar adalah Rp10 ribu.

Gua Miring

Objek wisata horor di Jawa Barat yang keempat adalah Gua Miring yang berada di zona cagar alam Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Keunikan di dalam gua ini adalah terdapat sebuah batu yang menyerupai seperti pocong, kuntilanak serta batu tulang tengkorak. Tapi, tak perlu takut, maksudnya bukan format hantu asli, tetapi sebuah stalaktit di Gua Parat yang menggantung di bagian atas dan menonjol seperti hantu hal yang demikian. Gua miring adalah goa tembusan, acap kali disebut miring karena untuk menembus gua ini pengunjung patut memiringkan badan. Keunikan di dalam gua ini terdapat sebuah batu yang menyerupai seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau batu bidari serta batu tulang tengkorak.

Jembatan Cirahong

Objek wisata horor yang kelima adalah Jembatan Cirahong yang terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Jembatan ini menaruh sejumlah kisah mistis, salah satu kisah mistis yang cukup populer di Jembatan Cirahong adalah tentang sepasang pengantin yang dihasilkan tumbal dengan cara dikubur hidup-hidup di beton penopang jembatan. Konon katanya pasangan pengantin itu diculik dan diikat, kemudian dilempar hidup hidup serta dikubur campuran beton. Selain catatan Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat, jembatan Cirahong adalah jembatan kereta api yang terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Jembatan ini juga menghubungkan kawasan Desa Panyingkiran di Kabupaten Ciamis dengan Kecamatan Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya. Tempat itu, jembatan ini melintas di atas Sungai Citanduy yang adalah perbatasan kedua kabupaten di Jawa Barat itu. Jembatan Cirahong adalah trek opsi dari Tasikmalaya menuju Ciamis lewat Manonjaya dan sebaliknya. Jembatan ini berdomisili di Jalan Raya Cirahong, Margaluyu, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jembatan Cirahong mempunyai rentang panjang sempurna 202 meter dan berada di ketinggian 66 meter di atas Sungai Citanduy yang bermuara ke Laut Kidul dan disangga penopang beton setinggi 46 meter. Jembatan dengan nomor registrasi BH 1290 ini berada di sebelah timur Stasiun Manonjaya, berada di kawasan kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Operasi (Daop) 2 Bandung. Dengan menerapkan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat, Cirahong satu-satunya jembatan kereta api peninggalan Belanda di Kabupaten Ciamis.

You May Also Like

More From Author