Mengenal Budaya Dunia Yang Ada di Kawasan Asia Tenggara

Estimated read time 3 min read

Kawasan Asia Tenggara punya kekayaan budaya dan keindahan alam yang melimpah. Tak hanya di Indonesia, hampir semua negara-negara Asia Tenggara terhitung punya banyak website warisan budaya dunia yang sudah diakui UNESCO, sehingga menjadi kekuatan tarik wisata di kawasan tersebut.

Berikut adalah lebih dari satu warisan budaya dunia di Asia Tenggara yang sudah diakui UNESCO

Secara harfiah, warisan budaya adalah peninggalan yang merepresentasikan nilai, kepercayaan, tradisi, style hidup, dan jejak-jejak kebudayaan yang secara turun-temurun diwariskan sampai era sekarang. Itu sebabnya warisan budaya UNESCO di beraneka negara di Asia Tenggara menaruh banyak nilai budaya, spiritual, dan histori yang masih terlampau kental, sehingga menarik untuk dijelajahi.

Candi Borobudur, Indonesia

Di pada banyak destinasi wisata di Indonesia, Candi Borobudur menjadi keliru satu destinasi wisata yang masuk di dalam website warisan budaya dunia. Sekadar informasi, Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO terhadap 1991.

Alasan ditetapkannya Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia adalah arsitektur uniknya yang punya cii-ciri dan makna tersendiri. Ditambah lagi, candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, ini menjadi candi Buddha terbesar di dunia bersama nilai pendidikan dan keagamaan yang tinggi.

Imperial City Hue, Vietnam

Situs seterusnya adalah Imperial City Hue, keliru satu destinasi wisata di Vietnam yang sudah ditetapkan sebagai website warisan budaya dunia oleh UNESCO terhadap 1993. Bangunan yang terletak di Vietnam Tengah ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Dinasti Nguyen selama 140 tahun.

Daya tarik Imperial City Hue terkandung terhadap arsitekturnya yang megah dan tembok batu mata merah setinggi lebih kurang 30 kaki yang mengelilinginya. Banyak perihal sanggup ditemukan terhadap website warisan budaya seluas 520 hektare ini menjadi berasal dari bangunan istana yang megah, makam para raja, pagoda, sampai museum.

Bagan, Myanmar

Istilah Myanmar sebagai Negeri Seribu Pagoda bukan tanpa alasan. Pasalnya, keliru satu wilayah di Myanmar punya ribuan pagoda dan stupa yang sudah diakui dunia, yaitu Kota Bagan. Konon, terhadap abad ke-9 sampai ke-13, ibu kota Kerajaan Pagan ini punya 10.000 kuil yang mengitari kota.

Dari ribuan kuil yang ada, Kuil Ananda menjadi keliru satu kuil terbesar dan paling populer di Bagan. Ciri khas Kuil Ananda terletak terhadap bentuknya yang simetris, dinding luar bercat putih, dan puncak menara berlapis emas.

BACA JUGA : 

Pemerintah Serius Dalam Memajukan Kebudayaan Indonesia

8 Budaya Jepang Paling Terkenal di Dunia

Angkor Wat, Kamboja

Sebagian wisatawan pasti akan meluangkan kala mendatangi kuil Angkor Wat kala berlibur ke Kamboja. Bukan tanpa alasan, Angkor Wat adalah destinasi wisata yang terhitung di dalam daftar website warisan budaya dunia yang sudah ditetapkan UNESCO sejak 1992.

Alasan terpilihnya Angkor Wat sebagai warisan budaya dunia tak lepas berasal dari keindahan arsitektur kuno yang megah dan nilai histori yang tinggi. Konon, Angkor Wat dibangun sebagai representasi simbolik Gunung Meru, yang di dalam mitologi Hindu merupakan daerah para dewa.

Megalithic Jar Sites, Laos

Laos turut menjadi keliru satu negara di ASEAN yang punya website warisan budaya, yaitu Megalithic Jar Sites, atau dikenal bersama Plain of Jars. Situs warisan budaya dunia di Laos ini dipenuhi bersama ribuan guci raksasa setinggi 1—3 meter dan berat menggapai 14 ton.

Kabarnya, guci raksasa di Megalithic Jar Sites merupakan peninggalan terhadap zaman besi lebih kurang 1.500—2.000 th. silam. Para peneliti berpendapat guci-guci tersebut dulunya pernah difungsikan sebagai pemakaman.

You May Also Like

More From Author