MENGENAL KEBUDAYAAN INTERNASIONAL

Estimated read time 3 min read

Kawasan Asia Tenggara Memiliki Kekayaan Budaya dan Keindahan Alam yang Melimpah.

Tak cuma di Indonesia, hampir seluruh negara-negara Asia Tenggara termasuk memiliki banyak website warisan budaya dunia yang sudah dianggap UNESCO, agar menjadi daya tarik wisata di kawasan tersebut.

Secara harfiah, warisan budaya adalah peninggalan yang merepresentasikan nilai, kepercayaan, tradisi, type hidup, dan jejak-jejak kebudayaan yang secara turun-temurun diwariskan sampai era sekarang. Itu sebabnya warisan budaya UNESCO di beragam negara di Asia Tenggara menyimpan banyak nilai budaya, spiritual, dan histori yang masih terlampau kental, agar menarik untuk dijelajahi.

Berikut adalah sebagian warisan budaya dunia di Asia Tenggara yang sudah dianggap UNESCO.

Candi Borobudur, Indonesia

Di antara banyak destinasi wisata di Indonesia, Candi Borobudur menjadi keliru satu destinasi wisata yang masuk di dalam website warisan budaya dunia. Sekadar informasi, Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 1991.

Alasan ditetapkannya Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia adalah arsitektur uniknya yang memiliki cii-ciri dan arti tersendiri. Ditambah lagi, candi yang terdapat di Magelang, Jawa Tengah, ini menjadi candi Buddha terbesar di dunia bersama nilai pendidikan dan keagamaan yang tinggi.

Imperial City Hue, Vietnam

Situs setelah itu adalah Imperial City Hue, keliru satu destinasi wisata di Vietnam yang sudah ditetapkan sebagai website warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 1993. Bangunan yang terdapat di Vietnam Tengah ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Dinasti Nguyen selama 140 tahun.

Daya tarik Imperial City Hue terkandung pada arsitekturnya yang megah dan tembok batu mata merah setinggi sekitar 30 kaki yang mengelilinginya. Banyak hal sanggup ditemukan pada website warisan budaya seluas 520 hektare ini jadi berasal dari bangunan istana yang megah, makam para raja, pagoda, sampai museum.

Bagan, Myanmar

Istilah Myanmar sebagai Negeri Seribu Pagoda bukan tanpa alasan. Pasalnya, keliru satu lokasi di Myanmar memiliki ribuan pagoda dan stupa yang sudah dianggap dunia, yaitu Kota Bagan. Konon, pada abad ke-9 sampai ke-13, ibu kota Kerajaan Pagan ini memiliki 10.000 kuil yang mengelilingi kota.

Dari ribuan kuil yang ada, Kuil Ananda menjadi keliru satu kuil terbesar dan paling tenar di Bagan. Ciri khas Kuil Ananda terdapat pada bentuknya yang simetris, dinding luar bercat putih, dan puncak menara berlapis emas.

Angkor Wat, Kamboja

Sebagian wisatawan tentu dapat meluangkan saat datang ke kuil Angkor Wat saat berlibur ke Kamboja. Bukan tanpa alasan, Angkor Wat adalah destinasi wisata yang termasuk di dalam daftar website warisan budaya dunia yang sudah ditetapkan UNESCO sejak 1992.

Alasan terpilihnya Angkor Wat sebagai warisan budaya dunia tak lepas berasal dari keindahan arsitektur kuno yang megah dan nilai histori yang tinggi. Konon, Angkor Wat dibangun sebagai representasi simbolik Gunung Meru, yang di dalam mitologi Hindu merupakan tempat para dewa.

BACA JUGA:

Awal Mula Manusia Merokok, Bagaimana Sejarahnya?

Ragam Budaya Sunda

Megalithic Jar Sites, Laos

Laos turut menjadi keliru satu negara di ASEAN yang memiliki website warisan budaya, yaitu Megalithic Jar Sites, atau dikenal bersama Plain of Jars. Situs warisan budaya dunia di Laos ini dipenuhi bersama ribuan guci raksasa setinggi 1—3 mtr. dan berat menggapai 14 ton.

Kabarnya, guci raksasa di Megalithic Jar Sites merupakan peninggalan pada zaman besi sekitar 1.500—2.000 tahun silam. Para peneliti berpendapat guci-guci tersebut dulunya dulu difungsikan sebagai pemakaman.

You May Also Like

More From Author