Mengenal Keragaman Budaya Indonesia yang Wajib Dilestarikan

Indonesia adalah negara yang kaya bakal keanekaragaman budaya. Dengan lebih berasal dari 17.000 pulau dan ratusan suku bangsa, Sesuai bersama semboyang Bhineka Tunggal Ika yang artinya tidak serupa beda tetapi selalu satu. Indonesia tawarkan bermacam macam budaya yang unik dan menarik untuk dipelajari.

Dalam artikel ini, kami bakal mengenal lebih jauh berkenaan bentuk keragaman budaya Indonesia dan mengimbuhkan contoh-contoh yang menarik.

1. Bahasa dan Dialek

Menurut Ethnologue, Indonesia mempunyai 715 bahasa daerah, meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara, bahasa daerah terhitung memainkan peran mutlak didalam kehidupan sehari-hari orang.

Contohnya Bahasa Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, dan banyak lagi.

2. Pakaian Adat

Dari 38 provinsi yang ada, tiap-tiap provinsi mempunyai pakaian adatnya masing masing yang merupakan indentitas tiap-tiap daerah, pakaian adat mampu tunjukkan standing sosial, perkawinan, atau agama.

yang berfaedah sebagai lambang budaya, sifat penduduk daerah, keyakinan penduduk daerah, dan histori.

contohnya didalam budaya jawa terkandung kebaya dan batik, waktu budaya batak terkandung ulos dan tetap banyak lainnya.

3 Seni dan Tarian

Sekitar 3.000 tari tradisional yang tersebar di semua indonesia. Dari 670 tari tradisional yang tercatat dan 110 di antaranya ditetapkan kemendikbudristek ke didalam warisan budaya takbenda.

Setiap daerah mempunyai tarian adat masing masing bersama peruntukan yang tidak serupa yang unik dan beragam

contohnya tarian kecak berasal dari Bali, saman berasal dari Aceh, tari tor – tor berasal dari Sumatera Utara, tari jaipong berasal dari Jawa Barat, tari topeng Betawi berasal dari Jakarta dan sebagainya

4. Lagu Tradisional

Lagu daerah sama bersama lagu kebangsaan tetapi statusnya hanya bersifat kedaerahan bersama lirik dan bahasa asal daerah masing-masing.

Umumnya menceritakan nilai kehidupan masyarakatnya dan mempunyai arti mendalam.

Terdapat tidak cukup lebih 439 lagu daerah dan 40 alat musik yang tersebar di indonesia.

Contohnya lagu tradisional yang terkenal di Indonesia adalah Rasa Sayange asal Maluku, Gundul-gundul Pacul dan Bapak Pucung berasal dari Jawa Tengah, Bungong Jeumpa berasal dari Aceh, Ayam Den Lapeh berasal dari Sumatera Barat, Anging Mammiri berasal dari Sulawesi Selatan.

alat musik tradisional khas tiap-tiap daerah, layaknya angklung, bedug, calung, gamelan, kolintang, tifa, tamborin, saluang, sasando, dan sebagainya

5. Agama dan Kepercayaan

Indonesia mempunyai keragaman agama dan kepercayaan. Agama mayoritas di Indonesia adalah Islam, tetapi terkandung terhitung agama-agama lain layaknya Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Selain agama-agama resmi, terkandung pula kepercayaan-kepercayaan tradisional layaknya keyakinan suku Nias dan Dayak.

Kerukunan antarumat beragama merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia.

BACA JUGA : Mengenal Budaya Dunia Yang Ada di Kawasan Asia Tenggara

6. Makanan Khas

Kuliner atau makanan terhitung merupakan product budaya bersifat nyata yang terlalu enteng dikenali sebagai identitas suatu masyarakat.

Jumlah kuliner indonesia tak terhitung banyaknya, tetapi tiap-tiap provinsi mempunyai makanan khasnya itu sendiri, Misalnya di Sumatera Selatan terkenal bersama makanan pempek.
Kemudian kerak telor berasal dari Jakarta, nasi lengko khas Cirebon, nasi gudeg khas Yogyakarta, rujak cingur berasal dari Jawa Timur, ayam betutu berasal dari Bali, ayam taliwang berasal dari NTB, papeda berasal dari Maluku dan Papua dan tetap banyak lainnya.

Keragaman budaya Indonesia merupakan harta yang tak ternilai. Menjaga dan menjunjung keragaman ini adalah tanggung jawab bersama untuk memperkuat identitas bangsa dan membangun persatuan.

Melalui pemahaman dan apresiasi terhadap budaya Indonesia, kami mampu lebih menjunjung keunikan dan keberagaman yang tersedia didalam penduduk kita.

You May Also Like

More From Author