Mengenal Tipe Istiadat Indonesia dan Asal Daerahnya

Negara Indonesia diketahui sebagai bangsa yang majemuk (pluralis), karena memiliki tata kehidupan sosial dan budaya yang berbeda pada setiap wilayah, baik pulau maupun provinsinya.

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya. Hal tersebut diberi pengaruh oleh keragaman wilayah Indonesia yang luas pula.
Dikutip dari buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) untuk Kelas VIII, keragaman budaya merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang pada suatu masyarakat yang menjadi hasil interaksi antara manusia dan manusia, serta manusia dan lingkungan.

Pengertian Warisan Istiadat
Menurut web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, warisan budaya merupakan keseluruhan peninggalan kebudayaan yang memiliki skor penting sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan seni.

Pada umumnya, warisan budaya situs slot depo 5k dimiliki bersama oleh suatu komunitas atau masyarakat dan mengalami perkembangan dari generasi ke generasi, dalam alur suatu budaya.
Kecuali itu, dalam Definition of Cultural Heritage: References to Documents in History, Jukka Jokilehto mengemukakan pendapatnya mengenai warisan budaya yang diciptakan sebagai konstituen dari penegasan serta pengayaan sebuah identitas budaya.

Tipe-Tipe Warisan Istiadat

Warisan budaya terbagi menjadi sebagian jenis, seperti warisan budaya benda dan warisan budaya tidak benda. Mengutip web Warisan Istiadat Indonesia, berikut pengertian dari jenis-jenis warisan budaya.

1. Warisan budaya benda
Warisan budaya benda merupakan hasil karya manusia yang dapat dipindahkan atau tidak dapat dipindahkan, benda cagar budaya juga termasuk dalam jenis warisan budaya Indonesia ini.

Warisan budaya benda ada bermacam-macam jenis seperti bermacam-macam candi dan web warisan sejarah, alat musik tradisional yang ada, senjata tradisional, dan bermacam-macam hal lainnya.

2. Warisan budaya tidak benda
Warisan budaya tidak benda merupakan jenis warisan budaya yang cuma dapat ditangkap oleh panca indra lain di luar indra peraba, seperti bermacam-macam konsep dan ilmu-ilmu budaya

You May Also Like

More From Author